PENGARUH ETIKA PRODUKSI SYARIAH DAN MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SAKO BLORA

ELVINA CHINTIYA HARDIYANTI, Elvina and MUHAMMAD NABIL,S.Sy, M.Ag., Nabil and Achmad Abdul Azis, M.Pd., Azis (2024) PENGARUH ETIKA PRODUKSI SYARIAH DAN MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SAKO BLORA. Diploma thesis, IAI Khozinatul Ulum Blora.

[thumbnail of ELVINA CINTYA.pdf] Text
ELVINA CINTYA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hardiyanti, Elvina Chintiya. 2024. Pengaruh Etika Produksi Syariah dan
Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan di Rumah Makan Ayam
Geprek Sako Blora. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora.
Pembimbing: (I) Muhammad Nabil, S.Sy M.Ag. (II) Achmad Abdul Azis,
M.Pd.
Kata Kunci: Etika Produksi Syariah, Marketing, Peningkatan Penjualan
Dalam menjalankann suatu bisnis tidak dapat diabaikan tiga proses bisnis
yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Hal yang paling mendasar pertama adalah
produksi. Di dalam melakukan proses produksi tentunya sebagai umat muslim
sangat memperhatikan nilai moral yang saat ini mulai terkisis oleh konsep produksi
konvensional yang dapat mereduksi sistem ekonomi islam. Selain memperhatikan
etika produksi, marketing juga merupakan sistem yang sangat penting untuk dikusai
oleh seorang pembisnis atau pelaku usaha. Marketing dinilai mampu
mempengaruhi besar kecilnya penjualan suatu usaha. Suatu usaha yang saat ini
banyak digeluti oleh pembisnis adalah usaha kuliner, usaha ini bisa dibilang tidak
ada matinya. Usaha kuliner yang cukup populer di Indonesia adalah Ayam Geprek
dan Rumah Makan Ayam Geprek Sako menjadi salah satu rumah makan yang
sudah berkembang pesat dan memiliki berbagai cabang yang tersebar diberbagai
daerah termasuk di Blora.
Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengetahui apakah etika
produksi syariah berpengaruh terhadap peningkatan penjualan di Rumah Makan
Ayam Geprek Sako Blora, yang kedua untuk mengetahui apakah marketing
berpengaruh terhadap peningkatan penjualan di Rumah Makan Ayam Geprek Sako
Blora dan yang ketiga untuk mengetahui apakah Etika Produksi syariah dan
marketing berpengaruh terhadap peningkatan penjualan di Rumah Makan Ayam
Geprek Sako Blora
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey.
Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan
menyebar kuesioner kepada seluruh responden melalui online dan juga offline.
Teknik analisis data pada penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda.
Seluruh proses uji dilakukan menggunakakan SPSS versi 26, hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa etika produksi syariah secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai
signifikansi 0,019 < 0,05 dan secara parsial variabel marketing berpengaruh positif
dan signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai signifikansi 0.037 <
0,05. Secara simultan etika produksi syariah dan marketing berpengaruh positif
terhadap peningkatan penjualan. Besarnya pengaruh etika produksi syariah dan
marketing yaitu senilai 49,4% dan 50,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email admin@iaikhozin.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:16
Last Modified: 15 Oct 2024 09:40
URI: https://eprints.iaikhozin.ac.id/id/eprint/1

Actions (login required)

View Item
View Item