PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS SALAFIYAH 1 RANDUBLATUNG BLORA

DEVI MAFI’ANA, Devi and ARIM IRSYADULLOH ALBIN JAYA, M.Pd., Arim and SITI NURKHAYATI, M.Pd., Haya (2024) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS SALAFIYAH 1 RANDUBLATUNG BLORA. Diploma thesis, IAI Khozinatul Ulum Blora.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DEVI MAFI'ANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Devi Mafi’ana. 2024. Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora. Pembimbing : (I) Arim Irsyadulloh Albin Jaya, M.Pd. (II) Siti Nurkayati, M.Pd.

Kata Kunci : Penerapan; Metode Ummi; Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.

Metode Ummi adalah metode dalam pembelajaran Al-Qur’an yang menggunakan bahasa ibu dalam menjelaskan materi pembelajaran yang penuh dengan keikhlasan hati dari kasih saying seorang ibu sehingga membuat pembelajran akan mudah untuk dipahami oleh peserta didik. Langkah-langkah pembelajaran ummi yaitu pembukaan, apersepsi pembelajaran, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan keterampilan, evaluasi, dan penutup. MTs Salafiyah 1 Randublatung merupakan Madrasah Tsanawiyah yang cukup terkenal di Randublatung yang menggunakan metode ummi dan berada di bawah naungan Kementrian Agama dan mempunyai orientasi pendidikan masa depan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora. 3) Untuk mengetahui hasil penerapanmetode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi pasif dan wawancara semi terstruktur serta menggunakan triangulasi teknik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana proses penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora? 2) Apa saja factor penghambat dan pendukung penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randubblatung Blora? 3) Bagaimana hasil penerapan metode ummidi MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora? Tujuan penelitian ni adalah 1) Untuk mengetahui proses penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora. 3) Untuk mengetahui hasil penerapanmetode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ummi di MTs Salafiyah 1 Randublatung Blora yaitu peserta didik Sebagian besar mampu melewati target hafalan bahkan melebihi. Hal ini didukung dengan serangkaian prestasi yang membanggakan berkaitan dengan Al-Qur’an baik ditingkat kecamatan maupun kabupaten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email admin@iaikhozin.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2024 09:21
Last Modified: 09 Dec 2024 09:07
URI: https://eprints.iaikhozin.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item
View Item